Home

PENJELASAN ARTI LAMBANG GMIM




1.      Burung manguni melambangkan “Gereja di tanah Minahasa”.
2.      Warna coklat tua pada gambar burung Manguni melambangkan dewasa dan mandiri, yang mencirikan kehidupan berjemaat dalam GMIM.
3.      Mawar yang ditempatkan di jantung burung manguni melambangkan Reformasi. Simbol ini melambangkan Yesus Kristus sebagai Pokok Pembaharu Gereja dan telah digunakan dalam Gereja Reformasi sejak abad ke-16.
4.      Bulatan berwara biru di dada melambangkan bahwa sebagai gereja, GMIM di utus ke dalam dunia, sedangkan warna hitam pada salib di tengah hati (jantung) berwana berwarna merah melambangkan pe- ngorbanan Kristus yang menjiwai persekutuan, kesaksian dan pelayanan GMIM.
5.      Warna biru laut melambangkan bahwa GMIM akan tetap menghadapi pergumulan kecil dan besar, sedangkan warna putih melambangkan  kekudusan dan kebenaran Injil Yesus kristus.
6.      Bulan September dalam mana GMIM berdiri sendiri dilambangkan pada sembillan helai sayap luar, Tanggal peresmian 30 tergambar pada lima kelopak  daun dan ujung meruncing yang melingkar jantung. Sedangkan tahun 1934 adalah jumlah keseluruhan helai sayap.
7.      Pada bagian ekor terdapat masing-masing sepuluh ranting yang menggambarkan keadaan sepuluh wilayah palayanan GMIM disaat berdiri sendiri, yang terdiri dari sepuluh klasis dan tetap akan ber-  kembang. Klasis-klasis itu adalah: Manado, Maumbi, Tomohon, Tondno, Langowan, Sonder, Ratahan, Amurang, Motoling, Airmadidi dan Manado Kota.

8.      Keenam ujung tombak yang mengarah ke bawah melambangkan keenam distrik di Minahasa pada waktu GMIM berdiri sendiri, yakni distrik-distrik: Tonsea, Manado, Toulour, Kawangkoan, Amurang, Ratahan, dalam mana pelayanan GMIM dijalankan.
9.      Tulisan Gereja Masehi Injili di Minahasa, menyatakan bahwa GMIM hanya berada di tanah Minahasa, walaupun pelayanannya menjangkau seluruh dunia dan warna hitam pada tulisan itu menyatakan solidaritas sampai akhir.2


Dikalimatkan kembali dari Sumber:
Warta GMIM Edisi No. 4, Juni 1985,hlm. 35.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar